Anetha-adjah.blogspot.com

Anetha

ANT NETHA ADJAH,.,.,.,. ANETHA ADJAH

Kamis, 23 Februari 2012

Telur Perawan

Satu lagi keanehan yang bisa kita temukan di budaya kuliner negara China. Kebiasaan aneh ini bahkan telah dinominasikan sebagai warisan budaya kota Dongyang, China. Penasaran?

Jadi di kota ini, sudah menjadi kebiasaan untuk seorang anak cowok sekolah dasar, untuk kencing di tong yang sudah disediakan didepan kelasnya, nantinya tong-tong ini akan dikumpulkan oleh penduduk sekitar. Kamu bisa tebak dong, air seni anak laki-laki itu buat apa. Ya, untuk memasak :)
Nama makanannya bagus, Telur Perawan. Tapi yang tidak bagus adalah, kenyataan bahwa proses memasaknya tidak lazim dan boleh dikatakan.. jorok. Tapi walaupun begitu, penduduk setempat mengatakan telur memiliki rasa musim semi. (rasanya kayak apaan tuh ya?).
Jadi Telur Perawan adalah sebenarnya telur ayam biasa, yang direbus menggunakan air seni anak-anak kecil. Sehingga tercipta telur rebus dengan wangi dan rasa yang tidak biasa (gak bisa bayangin deh rasanya kayak apa)
Para penjual telur mengatakan, untuk membuat masakan ini agak sulit, karena ada sedikit aturan waktu dan pemposisian telur agar rasa yang didapat bisa maksimal, tidak terlalu pekat dan tidak terlalu hambar.
“Mereka begitu lezat hingga saya bisa makan sepuluh telur sehari,” pengakuan seorang wanita bermarga Liu, yang pindah ke Dongyang beberapa tahun yang lalu dan mengembangkan rasa untuk perawan telur. “Saya tidak pernah makan sebelum saya datang ke sini tetapi saya kecanduan sekarang.”
Namun, tidak semua orang Dongyang suka. Salah satu warga setempat bermarga Li mengatakan ia belum pernah mencicipi telur perawan. “Saya tidak tahan bau. Ini mengerikan,” katanya.
Telur ini bisa didapatkan dari penjual setempat dengan harga sekitar 1,5 yuan setiap butirnya (US $ 0,23). Agak mahal ya untuk sebuah telur rebus…
Jadi, ada foodlovers yang berminat cobain makanan ekstrim dari China ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar